Selasa, 14 Februari 2012

EJARAH BERDIRINYA LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL IKHLAS PEMETUNG BASUKI KECAMATAN BUAY PEMUKA PELIUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR


Latar Belakang  Pendirian Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren  Al Ikhlas

Melihat / mengamati / meneliti bahwa pendidikan diniyah yang telah semakin meningkat, mengingat anak-anak diniyah terdiri dari anak-anak SD dipagi hari perkembangan SD semakin maju sehingga anak – anak malam hari dituntut les, ternyata diniah ditinggalkan , mencermati dari itu maka kami merancang dengan tokoh agama, masyarakat serta pemilik modal maka sepakat mendirikan pesantren yang direncanakan mengambil pengasuh dari pulau negara . yang salah satu dari kedua orang itu ( Ky. Musta’in Hasan dengan Ky. Drs. Sholeh Hasan ) setelah mengadakan perundingan serta saling memperhitungkan akhirnya salah satu dari kedua tersebut bisa diboyong yaitu Bp. Ky. Musta’in Hasan.

Kemudian setelah mendapatkan kiyai yang akan mengasuh maka seorang donatur yaitu Bp. H. Hasim bin M. Salim mengadakan pembelian tanah yaitu tanah Pak Sarji + 5.000 M2,yang dilangsungkan dengan pelaksanaan pembangunan-pembangunan diantaranya : Perumahan Kiyai, Asrama Putra di lokasi Tanah Masjid, Asrama Putri, Perumahan Guru. Setelah pembangunan prasarana kesemuanya selesai dengan permanen kemudian Kiyai sebagai pimpinan ( pengasuh ) diboyong ke Pesantren Al Ikhlas Pemetung Basuki pada tanggal ......

Setelah Kiyai berada di lokasi Pesantren, memulai penerimaan santri baru al hamdulillah + 1 tahun telah masuk 50 anak. Kemudian pada 25 Agustus 1987 pesantren telah diresmikan oleh Bp. Ky. H. Sukron Ma’mun dari Pondok Pesantren Darur Rahman Jakarta sehingga  tanggal tersebut dijadikan sebagai tonggak sejarah hari  jadinya Lembaga Pendidikan  Pondok Pesantren Al Ikhlas Pemetung Basuki.

Kemudian pengasuh beserta jajaran pengurus dan dewan guru beroperasi semaksimal mungkin sehingga mencapai hasil yang baik yang pada kahirnya pada tahun 1990 Pesantren dikunjungi oleh Bapak Menteri Penerangan pada saat itu yaitu Bp. H. Harmoko yang dibarengi dengan Safari Rhamadhan.

Kemudian pada tahun itu pula terjadi selisih faham antara MTs Al Ikhlas sehingga terpaksa Pondok mendirikan MTs. sendiri yaitu MTs. Pondok Pesantren Al Ikhlas, kemudian dari situ berjalan 1 tahun terjadi konflik antara Pengasuh dengan Pengurus sehingga terjadi kesalah fahaman yang pada akhirnya kiyai menyatakan pindah ke Muaradua. Sebelum kepindahan Kiyai, santri sempat habis total.

Setelah berpindahnya kiyai maka terjadilah kekosongan pengasuh pesantren selama + ½ tahun. berpijak dari masalah di atas, pengurus serta dewan guru yang ada, tokoh agama, dan tokoh masyarakat bermusyawarah yang pada akhirnya diangkatlah seorang kiyai baru sebagai pengasuh pesantren yang bernama Ky. Romlan Bisri (sampai sekarang) yang selaku P3N di desa Pemetung Basuki pada saat itu
Untuk melengkapi aktifitas pendidikan maka pengurus berusaha mendirikan  pendidikan formal yang diawali berdirinya MTs pondok pesantren Al Ikhlas pada, Tgl 15 juni 1982.  dengan Nomor Piagam WF. 630202088 diperkuat dengan turunnya Nomor Statistik Madrasah ( NSM ) 212160106043 PADA Tgl 26 agustus 1993. dengan perjalanan yang stabil pada tanggal 23 nopember 1996 MTs Al Ikhlas mendapatkan akreditasi diakui Nomor Kpts / wf / 6 – c / pp. 03. 02 / 015 / 1996.
Berdirinya Madrasah Aliyah sebagai keseimbangan kebutuhan pendidikan yang lebih tinggi dan kuat. Siswa / santri untuk melanjutkan kependidikan lanjutan atas maka Pondok Pesantren Al-Ikkhlas membentuk Tim khusus untuk mempelejari dan mendirikan MA Al-ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar